P2. JARINGAN KOMPUTER DAN TOPOLOGI



Dipertemuan ini dibahas tentang jenis topologi jaringan dan tipe jaringan komputer, kami juga belajar simulasi jaringan komputer via cisco packet tracer.


I. Pengertian Jaringan Komputer 
Yang disebut Jaringan komputer adalah 2 atau computer serta perangkat pendukung lainnya yang saling terhubung. 

Tipe jaringan computer: 

1. Peer to peer 
Semua komputer dalam jaringan ini berkedukan sama




Hasil gambar untuk peer to peer


2. Client server 
Jaringan dengan computer server sebagai inti  yang bertugas untuk melayani computer client dibawahnya


Jaringan Komputer menurut luas areanya:

1. PAN (Personal Area Network) 
Hasil gambar untuk peer to peer
jaringan yg menghubungkan beberapa device namun digunakan oleh 1 user, misalnya komputer-printer, komputer-smart phone, dst. Biasanyaradius jaringan ini kurang dari 10 meter, dan bisa menggunakan media koneksi kabel maupun wireless (bluetooth, infrared). 

2. LAN (Local Area Network)
 jaringan yg menghubungkan beberapa device pada satu area geografis terbatas, misalnya rumah, lab komputer, dan sekolah. Radius jaringan ini 10-300 meter. Umumnya digunakan kabel sbg media koneksinya. 

3. CAN (Campus Area Network) 
Jaringan yang menghubungkan 2 atau lebih LAN pada sebuah lingkungan. Jangkauannya dalam sebuah komplek, misalnya komplek universitas.

 4. MAN (Metropolitan Area Network)
 Jangkauannya meliputi sebuah kota, misalnya kampus BSI dalan satu kode area.

 5. WAN (Wide Area Network) 
jaringan komputer yg mencakup area geografis yg luas misalnya kota atau negara. Media koneksinya merupakan gabungan antara wired danwireless. Radius jaringan ini diatas 100 km. 


II. Topologi 

Topologi jaringan adalah lay out actual dari perangkat jaringan atau infrastruktur fisik jaringan computer yang digunakan untuk mengimplementasikan LAN. 

1. BUS 


Hasil gambar untuk topologi bus

Topologi yang menggunakan kabel utama (backbone) sebagai tulang punggung jaringan. Topologi ini menggunakan kabel coaksial dan T conector sebagai penghubung antar node dan terminator sebagai penutup. 

Keuntungannya:
 tanpa menggunakan perangkat consentrator, cocok digunakan di area yang tidak lua, biaya murah.

 Kerugiannya:
 penambahan node akan menyebabkan gangguan aktifitas jaringan, jika salah satu node rusak maka jaringan tidak dapat digunakan, lalu lintas data yang terlalu tinggi dapat terjadi kemacetan (congestion). 

2. Ring
Hasil gambar untuk topologi ring

Topologi berupa lingkaran tertutup, semua komputer yang saling tersambung membentuk lingkaran.

 Keuntungannya:
 pemeliharaan mudah, bias menggunakan kabel fiber optic, jangkauan lebih jauh dari bus, laju data (transfer rate) tinggi, komunikasi antar terminal mudah. 

Kerugian:
 jika ada satu node mati maka jaringan mati, kerusakan media pengirim dapat menghentikan seluruh jaringan kerja, kerusakan pada salah satu terminal dapat mengkibatkan kelumpuhan jaringan. 

3. Star
Hasil gambar untuk topologi star

 Topologi jaringan yang menggunakan perangkat concentrator (hub atau switch) sebagai pengatur paket data. 

Keuntungannya:
 penambahan node tidak mengganggu aktifitas jaringan, jika salah satu node rusak system jaringan tetap dapat beraktifitas,mudah dihubungkan dengan jaringan lain, mudah dalam perawatan. 

Kerugian:
 biaya agak mahal karena menggunakan hub atau switch, hub merupakan kunci dari aktifitas jaringan. Bila mengunakan hub dan lalu lintas data yang padat dapat menyebabkan collision (tabrakan data).

4.Tree
Hasil gambar untuk topologi tree

Merupakan kombinasi dari topologi star. Dalam topologi ini tidak semua node atau computer mempunyai kedudukan yang sama. Node yang berkedudukan tinggi menguasai node dibawahnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jaringan komputer pertemuan 1

MEMPERCEPAT KONEKSI INTERNET MOZILLA FIREFOX

Acer Aspire P3 Hybrid Ultraboook